Tuntutan Pengunduran Pilkada Tak Obyektif Lagi

Jakarta, Kompas – Unjuk rasa yang terus berlangsung untuk menuntut pengunduran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada DKI Jakarta, akibat banyaknya warga yang belum terdaftar, dinilai tak obyektif lagi. Meski Komisi Pemilihan Umum Jakarta memperpanjang masa pendaftaran pemilih, jumlah pemilih tambahan tak signifikan. Tetapi, unjuk rasa masih terus terjadi.

Ada upaya mendelegitimasi KPU Jakarta,” kata Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) DKI Jakarta Anas Nasrullah di Jakarta, Senin (2/7). Kesalahan atas banyaknya warga yang belum terdaftar, sesuai hasil survei beberapa lembaga dan klaim pendukung calon, tak bisa ditimpakan kepada KPU Jakarta. KPUD hanya menerima data pemilih dari daftar penduduk potensial pemilih Pilkada Jakarta yang disusun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Kondisi ini membuat KPUD menjadi kambing hitam atas buruknya sistem pendataan kependudukan,” ujarnya. Dari pantauan relawan JPPR, petugas tingkat rukun tetangga melakukan pendataan pemilih dengan baik. Namun, petugas di kelurahan “setengah hati” dalam memverifikasi data pemilih itu.

emula, unjuk rasa menuntut perpanjangan masa pendaftaran pemilih dinilai positif sebagai upaya warga mendapatkan hak demokrasinya.

ementara itu, warga Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan, Achmad Lukman, Senin, mengadukan anggota KPU Jakarta, Muflizar, ke Polda Metro Jaya. Ia menuduh Muflizar mencemarkan nama baiknya dan melakukan perbuatan tidak menyenangkan kepadanya.

amun, Muflizar balik menuduh Achmad memutarbalikkan fakta dan akan balik mengadukannya ke Polda Metro Jaya. Ini terkait kasus dugaan perampasan daftar pemilih tetap (DPT) di Pancoran. DPT tak boleh dibawa keluar dan digandakan tanpa izin dari petugas. (mzw/win)

sumber: Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: